Sektor pariwisata tentu tidak akan ada habisnya dan terus mengalami perkembangan yang signifikan. Para kaum milenial sudah banyak yang mengenal dunia pariwisata itu sendiri. Terbukti dari banyaknya kampus pariwisata yang semakin menjamur di Bali, khususnya Singaraja. Namun perlu diketahui tidak semua sekolah pariwisata memiliki eksistensi dan kredibiltas yang bagus. Hal ini harus disadari oleh para calon pekerja pariwisata yang ingin bersekolah di kepariwisataan. Pemilihan sekolah pariwisata yang baik dan tepat akan sangat berpengaruh terhadap masa depan para calon pekerja pariwisata itu sendiri. Bahkan penyumbang devisa negara terbesar adalah dari sektor pariwisata. Bali sendiri termasuk penyumbang devisa terbesar di Indonesia karena pariwisata di Bali sangat booming dan selalu menjadi tujuan pariwisata turis lokal maupun asing. Ada sangat banyak kesempatan kerja pada sektor pariwisata , mulai dari yang di dalam negeri maupun luar negeri. Jadi memasuki dunia pariwisata adalah pilihan yang tepat untuk kaum milenial yang ingin memiliki karir yang panjang atau bisa menjadi entrepreuner. Dalam artikel ini akan kami jabarkan kesempatan kerja sektor pariwisata yang mungkin bisa menjadi bahan referensi untuk kedepannya.

• Tour Guide atau Pemandu Wisata , menjadi seorang tour guide hanya bermodalkan kemampuan bahasa asing saja. Menjadi tour guide mudah saja apabila sesorang telah menguasai dunia pariwisata.

• Restaurant atau usaha tempat makan, kesempatan paling besar dalam bidang ini adalah para student culinary atau bisa juga service yang kemungkinan memiliki beberapa skill memasak. Menjadi chef lalu membuka usaha sendiri adalah sebuah kebanggan apabila usaha tersebut berjalan lancar. Selain mendapatkan ilmu di sekolah pariwisata , juga akan mendapatkan relasi yang lebih luas lagi ketimbang tidak pernah bersekolah pada jurusan pariwisata. Contohnya , yang sudah pernah magang atau training dia akan tahu bagaimana manajemen pada restaurant besar atau bahkan bisa meniru cita rasanya.

• Pengelola Tempat Wisata, jaman sekarang sudah banyak sekali ada tempat-tempat wisata baru yang unik tetapi kadang kala manajemennya kurang baik. Hal itulah menjadi pemicu kebangkrutan tempat wisata yang mungkin sudah banyak dikenal namun harus tutup karna manajemen yang buruk. Inilah yang perlu dipelajari, fenomena pariwisata , teknik marketing dunia pariwisata , hospitality yang baik agar tamu yang datang merasa puas dan senang atau bahkan ingin balik ke tempat kita lagi.

• Bekerja di Kapal Pesiar, tentu sudah tidak asing lagi mengenai dunia kapal pesiar. Sekarang ini para kaum milenial berlomba-lomba untuk berangkat ke kapal pesiar karena gaji yang ditwarkan cukup menggiurkan, ditambah pula para karyawan disana bisa mengunjungi beberapa negara sekaligus.

• Perhotelan , tentu saja hal ini merupakan yang paling dominan. Output siswa pariwisata banyak yang ke perhotelan yang di Bali maupun luar Bali. Pariwisata sendiri tidak akan ada habisnya, setiap orang membutuhkan liburan dan mencari penyegaran pikiran.

KESEMPATAN KERJA DUNIA PARIWISATA SANGAT BANYAK

Ada masih banyak lagi karir jika kalian lulus dari sekolah pariwisata. Seperti yang disebutkan dalam artikel adalah secara garis besar dan yang paling dominan terjadi. Jangan ragu untuk masuk ke dunia pariwisata karena prospek ke depannya sangat baik untuk kelancaran karir kalian. Jangan sampai salah memilih kampus yang menjanjikan sesuatu yang berlebihan, cukup dengan logika dan fenomena yang terjadi di lapangan sesungguhnya

Leave a Comment

2019_Founder_ITS

Anda Memiliki Pertanyaan?

Tinggalkan pesan Anda disini!



Indonesia Tourism School
  Jl. Udayana No.2, Banjar Jawa, Singaraja
 +62 085 338 319 190 ( WhatsApp Only )
  Indonesia Tourism School
indonesiatourismschool
 Jam pelayanan setiap harinya

JAM OPERASIONAL KERJA

Senin-Jumat mulai pkl.08.00 – 16.00 wita

Sabtu mulai pkl.08.00 – 14.00 wita

Kami Tunggu Kedatangan Anda

Indonesia Tourism School © 2020. All rights reserved.